Thursday, August 13, 2015

Bos Menjengkelkan, Itu Bukan Masalah

Pusako News, - Sebagai seorang karyawan, kita pasti punya atasan. Bagaimana rasanya jika anda memiliki atasan yang sering marah-marah. Sangat menjengkelkan bukan. Tapi sebenarnya atasan anda itu memiliki intelektual yang tinggi, dan selalu berharap kepada anda agar selalu bekerja dengan giat, dan pastinya atasan anda tersebut jarang melakukan tanya jawab, dengan anda, sehingga ada baiknya anda jangan berharap mendapat asuhan atau bimbingan dari atasan seperti itu.

Marah, kritik, menuntut, dan selalu tak puas dengan kinerja para bawahanya. Untuk menghadapi atasan atau pimpinan seperti itu, anda harus cerdas dalam menghadapinya. Disini Gaung Xpres, akan menjelaskan kepada anda, tata cara dan trik menghadapi atasan yang menjengkelkan.

Yang harus anda lakukan sebanarnya sangat mudah dan simple, tinggal dekati saja, asistenya, supirnya, atau kerabatnya, sesuai kemampuan anda, mampu yang mana. Hal tersebut sangat penting, karena dari merekalah anda bisa mengetahui tipikal atasan anda. Dan yang paling penting juga, mereka ini tahu isi hati bos anda, apakah senang, sedih atau sedang kesal. Jadi tanyakanlah kepada orang-orang disekeliling bos anda itu. Tanya pula kesukaan bos anda apa, hobinya, dan yang tidak disukanya.

Usahakan untuk tidak menghindarinya ketika bos anda datang. Karena kalau dia merasa membutuhkan anda, pasti anda akan dicari-carinya. Intinya adalah, tak ada gunanya menghindar. Terbaik adalah dekat denganya, menjawab semua panggilan teleponya, membalas emailnya, dan memperhatikan apa yang diucapkanya.

Selalu pegang alat tulis, berupa pena dan kertas. Lakukan dengan cepat saat bos anda memberikan perintah atau menyampaikan informasi kepada anda. Dengar dengan benar, tulis poin dan intinya. Kemudian anda perhatikan apakah semuanya mampu anda kerjakan sendiri atau secara tim. Karena yang anda catat itulah yang akan menjadi acuan anda dalam menyelesaikan tugas.

Perhatikan semua kesalahan orang lain, kalau perlu cari informasi lengkap dari orang-orang yang menjadi anak buanya seperti anda. Catat semua kesalahan-kesalahan mereka, karena ini penting dan bisa menjadi pelajaran buat anda. Belajarlah dari kesalahan kesalahan mereka. Gali terus infomasi-informasi seperti ini.

Usahakan tepat waktu, meskipun dengan setumpuk pekerjaan anda, membuat anda lelah, tapi usahakanlah, walau sedikit. Karena sebagian besar atasan banyak yang mengutamakan kerja tepat waktu ketimbang hasilnya. Namun ada juga atasan yang mengutamakan hasilnya, ketimbang tenggat waktu anda. Ini harus anda telisik terlebih dahulu dari karakter bos anda.

Tugas-tugas anda harus segera dikonfirmasi. Ini berguna untuk menghindari miskomunikasi atau salah paham. Banyak kasus dimana atasan marah besar hanya karena kesalahan pahaman soal waktu, ataupun target.

Cobalah untuk berjalan seiringan dengan jalan kerja bos anda, ikuti langkah dan gerak cepatnya, itu semua jika memungkinkan bagi anda, walaupun tak sesuai dengan prinsip anda. Jika bos anda sering datang pagi anda juga harus, jika bos anda suka telat anda juga harus mengikutinya. Jika bos anda suka lembur, anda juga harus lembur. Ini akan membuktikan bahwa anda siap kerja dalam keadaan apapun dan kapanpun. Kemudian buatlah laporan dari semua yang sudah anda lakukan kepada perusahaan, simpan baik-baik kemudian serahkan kumpulan tugas-tugas anda dalam bentuk laporan kepada bos anda.

Itulah beberapa trik dari Gaung Xpres, yang bisa diberikan, semuanya pasti ada solusinya. Meskipun itu sangat sulit menurut anda. Tapi tidak bagi sebagian besar orang, semoga artikel ini bermanfaat.(Mr.Goavan)(Sumber : Gaung Xpres)

No comments:

Post a Comment