Friday, August 14, 2015

UMMY Solok Siap Hadapi Era Baru



Sebagai salah-satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbesar di Sumatera Barat, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok siap menyongsong era baru  dengan dinamika lebih kompleks, keras, dan penuh tantangan. Diantaranya adalah lewat menelorkan calon generasi penerus yang andal, trampil, teruji dalam menghadapi dunia kerja.

Ditambah dewasa ini memiliki bekal ilmu sesuai latar belakang pendidikan belumlah cukup, jika semuanya tidak diimbangi dengan kemampuan teknologi, komunikasi, informasi, sesuai perkembangan zaman. Seperti halnya mahir menggunakan berbaagai perangkat elektronik penunjang kehidupan, pekerjaan, serta peralatan-peralatan kebutuhan kantor/perusahaan swasta/pemerintah. Bahkan dalam pemanfaatannya juga tak jarang terkoneksi atau tersambung secara online, hingga memberikan akses lebih luas guna pencapaian target. 



“Maka, di zaman sekarang semua kalangan dituntut untuk tidak lagi gagap teknologi, apalagi itu bagi seorang sarjana. Karena itu, para wisudawan/i UMMY selain menguasai ilmu akademik, juga harus mengimbanginya dengan mahir teknologi,”

Demikian ditegaskan Rektor UMMY Solok, Prof.Dr.H.Elfi Sahlan Ben,A.Pt, dalam Rapat Senat Luar biasa Wisuda UMMY ke-43 di Gedung Kubuang Tigobaleh, Kota Solok, Selasa (11/11). Turut dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah X Padang yang diwakili Kabag Kepegawaian, Yandri,SH,MH, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis, SE,MM, Sekdako Solok, H.Suryadi Nurdal,MM, Pemimpin Cabang Bank Nagari Solok, Restu Wirawan, Kapolres Solok, serta Pembina Yayasan Mahaputra Muhammad Yamin, Prof.Dr.H.Fachri Ahmad, Ketua Yayasan, Prof.Dr.Nofirman Jamarun, dan Pendiri Yayasan, Drs.H.Hasan Basri.

Dijelaskan Rektor,  sebagai salah-satu perguruan tinggi swasta yang lahir 1984 silam UMMY Solok seyogyannya  ikut andil mengukir sejarah panjang pembangunan negeri ini, buktinya para lulusan UMMY Solok tercatat banyak ikut berkiprah pada berbagai lembaga yang ada. Selain itu, secara akademis, UMMY Solok banyak menjalin kerjasama dengan lintas instansi maupun organisasi. Alhasil, UMMY Solok akhirnya dipercaya menjadi mitra dalam menelorkan berbagai kebijakan, plus didukung tersedianya SDM andal.



“Para Dosen UMMY Solok kini juga dipercaya oleh Pemerintah untuk menjadi Asesor untuk proses sertifikasi guru dalam jabatan dan telah memiliki NIRA. Ini jelas sebuah kepercayaan yang cukup membanggakan,” Ujar Elfi Sahlan.

Secara rinci, SDM saat ini berjumlah 132 orang, terdiri atas 90 orang tenaga dosen, 49 tenaga pendidikan. Dosen yang berkwalifikasi Magister (S2) sebanyak 79 orang, Doktoral (S3) 3 orang, serta yang sedang studi lanjut (S2/S3) saat ini berjumlah 17 orang. Jika para dosen yang sedang studi lanjut nantinya telah kembali maka ketersediaan dosen kwalifikasi S2 di UMMY Solok menjadi 100 persen,  S3  (15 persen), memenuhi angka kebijakan nasional pendidikan tinggi. Dari total dosen yang ada, 30 diantaranya telah mengantongi sertifikasi dosen.

Prestasi penelitian para dosen/peneliti UMMY dari tahun ke tahun cukup memuaskan dan cenderung meningkat, dimana pada tahun 2011/2012 hanya 22 penelitian yang didanai UMMY Solok maupun DIKTI.  Selanjutnya, pada tahun 2013/2014 sebanyak 30 penelilian dibiayai UMMY Solok, 14 penelitian biaya DIKTI melalui program skem dosen pemula dan hibah bersaing.  Artinya, rentang waktu empat tahun terjadi peningkatan terhadap prestasi penelitian, dari 8 pengabdian dibiayai UMMY-DIKTI (2011/2012 ), meningkat menjadi 12 pengabdian (2013/2014).


“Ini sebuah bukti bahwa UMMY terus  mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat, melalui lembaga pendidikan tinggi DIKTI. Maka, belum lagi soal segudang prestasi yang telah ditoreh sampai tahun sekarang. Maka, kepada 119 lulusan yang hari ini, diharapkan mari menyongsong era baru dengan tantangan lebih komplit dan kompetitif,”  Imbuhnya.

Secara fasilitas, UMMY Solok telah memiliki gedung sendiri yang representatif berlantai III di Jalan Jenderal Sudirman Kota Solok, dilengkapi dengan peralatan perkuliahan, laboraturium tiap-tiap prodi/fakultas (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum), plus infokus terpasang.  

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis,SE,MM, pun menegaskan, UMMY Solok telah terbukti menjadi perguruan tinggi yang besar, dipercaya masyarakat, serta menjadi mitra oleh berbagai lembaga/instansi.

“Selaku Ketua DPRD Kabupaten Solok yang juga tercatat sebagai alumni, mantan Ketua Senat UMMY, saya melihat UMMY sekarang telah menjadi perguruan tinggi bersar dan bersaing diantara perguruan tinggi lainnya se-Sumbar,” Kata Hardinalis.

Menjaga situasi tetap kondusif, ia juga mengingatkan agar kedepan jangan sampai terulang lagi konflik internal ditubuh lembaga seperti waktu yang sudah-sudah, karena semua itu hanya akan mengundang petaka serta merugikan masyarakat.  Terlebih bila konflik itu hanya dipicu oleh muatan pribadi, kelompok, sangatlah menyedihkan. (***)

No comments:

Post a Comment