Friday, August 14, 2015

Ada Durian di Kampung Kubu


                                                                                             Foto milik: http://www.kindo.hk/blog/?e=870

Ternyata tidak berbeda dengan lazimnya sebuah perkampungan di Minangkabau, justru di Kampung Kubu  dalam areal lebatnya hutan belantara juga terdapat sejenis buah-buahan berorama khas, yakni buah durian. Bahkan menurut pengakuan sejumlah kalangan yang pernah ke sana, raa buah durian di kampung kubu tak kalah enaknya.

Dalam gambar ini terlihat seorang ibu muda memikul keranjang yang dipenuhi buah durian, ditemani anak perempuan menggendong adiknya, sepulang dari ladang membantu suaminya. Selain hidup berpencar di dalam hutan belantara, warga kubu ternyata juga bercocok tanam di ladang demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, apakah itu berupa buah-buahan, sayuran, umbi-umbian, hingga tanaman rempah dan obat-obatan.

Sekali-sekali  warga kubu secara berkelompok menggelar acara berburu hewan liar,  hasil buruan yang didapat dibagi sama rata. Tiap kelompok biasanya memiliki seorang pimpinan, berfungsi sebagai pelindung bagi anggota. 

Demikian sekilas cerita  buah durian di Kampung Kubu yang banyak berhabitat di sebahagian besar pedalaman hutan Dharmasraya - Jambi. Jika ingin tahu lebih jauh bagaimana kisahnya, silahkan untuk mencoba bertualang ke sana.(Bandaro Mudo)  

No comments:

Post a Comment